Media Visual
Makalah ini Disusun dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Media
Pembelajaran
Dosen Pengampu:
Nanang Wahyudi, ST, M.Pd

Disusun Oleh:
Badrul Ula
Fikri
Khodijah
Lailatul Maulidiyah
Raudlatul Jannah
Zulfi Maharani
FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGI AGAMA ISLAM PANCAWAHANA BANGIL
2013-2014
KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur akan selalu tetap tercurahkan limpahan kepada
Allah SWT. Yang telah memberikan limpahan kenikmatan yang tidak akan pernah
terhitung banyaknya, serta limpahan rahmatnya, taufik dan hidayahnya yang mana
telah memberikan kelancaran, sehingga kami dapat merampungkan makalah dengan
judul “Media Visual” sebagai tugas mata kuliah Study Media Pembelajaran.
Shalawat serta salam akan tetap tercurahkan limpahan kepada
junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW, yang telah membawa syariat islam kepada
kita semua dari alam kegelapan menuju alam terang benderang seperti saat
ini.sehingga tak lagi terjerumus kelembah kelemahan dunia dan beliau memberikan
secercah cahaya untuk menerang serta mengusir kegelapan di dunia ini.
Serta ucapan terima kasih kami untuk dosen pembimbing mata kuliah
ini, yang terhormat bapak Nanang Wahyudi, ST. M.Pd yang senantiasa memberikan
semangat serta bimbingan kepada kami sangat membantu proses pelaksanaan
pembuatan tugas ini sampai akhirnya selesai.
Semoga apa yang kami tulis dalam makalah ini akan sangat bisa
memberikan manfa’at kepada kami serta kepada para pembaca Dan kami pun sangat
menyadari, bahwa apa yang kami tulis dalam makalah ini masih terdapat banyak
kesalahan serta kekuranganya. Oleh karena itu kami berharap dengan sangat,
kritik dan saran pembaca untuk menyempurnakan tulisan ini.
Penulis,
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................................ i
DAFTAR ISI ..................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................ 1
1.1 Latar Belakang .................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah ............................................................................... 1
1.3 Tujuan Penulisan ................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN .................................................................................. 2
2.1 Unsur-unsur Media Visual................................................................... 2
2.2 Prinsip-prinsip Media Visual................................................................ 3
2.3 Karakteristik Media Visual.................................................................. 3
2.4 Urgensi Media Visual terhadap proses pembelajaran.......................... 6
BAB III PENUTUP........................................................................................... 7
Kesimpulan................................................................................................ 7
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 8
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang
Di Era
Globalisasi seperti saat ini Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan
untuk menyalurkan pesan, merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta
didik serta mengaktifkan pembelajaran dalam memberi tanggapan dan umpan
sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik untuk
melakukan praktek-praktek dengan benar.
Maka dari itu,
dalam makalah ini kami membahas tentang salah satu media pembelajaran yaitu
media visual. Media visual merupakan media yang memberikan gambaran menyeluruh
dari yang konkrit sampai dengan abstrak. Media visual ini lebih bersifat
realistis dan dapat dirasakan oleh sebagian besar panca indera kita khususnya
indera penglihatan. Manfaat yang kita dapat dalam penggunaan media ini adalah
pemakaiannya yang efektif dan efisien, praktis, dan lebih cepat dipahami oleh
peserta didik.
Oleh karena
itu, pendidik dapat memanfaatkan media-media secara optimal sehingga
menghasilkan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan seperti media visual
untuk mempermudah dalam berinteraksi dan pemberian materi yang akan dibahas
pada peserta didik.
1.2
Rumusan
Masalah
1.
Apa definisi dan unsur-unsur Media
Visual?
2.
Apa prinsip-prinsip Media Visual?
3.
Apa karakteristik-karakteristik
Media Visual?
4.
Bagaimana urgensi Media Visual
terhadap proses pembelajaran?
1.3
Tujuan
Penulisan
1.
Mengetahui definisi dan unsur-unsur
Media Visual
2.
Mengetahui prinsip-prinsip Media
Visual
3.
Mengetahui karakteristik Media
Visual
4.
Mengetahui bagaimana urgensi Media
Visual terhadap Proses pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Unsur-unsur Media Visual
Media Visual
adalah media yang melibatkan indera penglihatan. Terdapat 2 jenis pesan yang dimuat dalam media
visual yaitu pesan verbal dan pesan
nonverbal. Pesan verbal visual terdiri atas kata-kata dalam bentuk
tulisan. Sedangkan pesan nonverbal visual dituangkan kedalam simbol-simbol
nonverbal visual.
Secara garis
besar unsur-unsur yang terdapat pada media visual terdiri atas garis, bentuk,
warna, dan tekstur.
a.
Garis
Garis adalah
kumpulan kumpulan dari titik-titik. Dengan demikian terdapat banyak jenis
garis. Diantaranya :
1.
Garis lurus horizontal
2.
Garis lurus vertikal
3.
Garis lengkung
4.
Garis lingkaran
5.
Garis zig zag
b.
Bentuk
Bentuk adalah
sebuah konsep simbolyang dibangun atas garis-garis atau gabungan garis dengan
konsep-konsep lainnya. Seperti : hubungan garis-garis yang tampak pada gambar
tersebut tampak menjadi sebuah bentuk yakni apel.
c.
Warna
Warna
digunakan untuk member kesan pemisahan atau penekanan, juga untuk membangun
keterpaduan bahkan dapat mempertinggi tingkat realism dan meciptakan respon
emosional.
d.
Tekstur
Tekstur
digunakan untuk menimbulkan kesan kasar dan halus, juga untuk memberikan
penekanan seperti halnya warna.
2.2
Prinsip Media
Visual
a.
Kesederhanaan
Kesederhanaan
secara umum mengacu kepada jumlah elemen yang terkandung dalam suatu visual.
Jumlah elemen yang lebih sedikit memudahkan menangkap dan memahami pesan yang
disajikan visual itu.
b.
Penekanan
Penekanan
meskipun penyajian visual dirancang sesederhana mungkin, seringkali konsep yang
ingin disajikan memerlukan penekanan terhadap salah satu unsur yang akan
menjadi pusat perhatian siswa.
c.
Keterpaduan
Keterpaduan
mengacu kepada hubungan yang terdapat diantara elemen-elemen visual yang ketika
diamati akan berfungsi secara bersama-sama. Elemen-elemen itu harus saling
terkait dan menyatu sebagai suatu keseluruhan.
2.3
Karakteristik
Media Visual
1.
Pesan Visual
a.
Gambar
Gambar secara garis besar dapat
dibagi menjadi 3 jenis :
1.
Sketsa disebut juga gambar garis
yakni gambar sederhana atau draft kasar yang melukisakan bagian-bagian pokok
suatu objek tanpa detail.
2.
Lukisan merupakan gambar hasil
reprentasi simbolis dan artistic seorang tentang suatu objek atau situasi.
3.
Foto yakni gambar hasil pemotretan
atau photografi.
b.
Grafik
Grafik adalah gambar sederhana yang
banyak sedikitnya merupakan penggambaran data kuantitatif yang akurat dalam
bentuk yang menarik dan mudah dimengerti. Macam-macam grafik :
1.
Grafik garis yaitu grafik berupa
garis diatas suatu bidang yang dibagi petak-petak 4 persegi yang sama besar.
2.
Grafik batang merupakan gambar
batang-batang.
3.
Grafik lingkaran juga berupa
lingkaran yang dibagi dari titik tengahnya menjadi beberapa sektor.
4.
Grafik symbol juga berupa
gambar-gambar ataus simbol-simbol.
c.
Diagram
Diagram merupakan susunan-susunan
garis-garis dan lebih menyerupai peta dari pada gambar.
d.
Bagan
Bagan hampir sama dengan diagram.
Bedanya terletak pada lebih menekankan kepada suatu perkembangan atau suatau
proses atau suatu susunan organisasi. Secara garis besar bagan terbagi 4 macam
:
1.
Bagan organisasi
Bagan organisasi adalah bagan yang
menggambarkan struktur sebuah organisasi.
2.
Bagan arus
Bagan arus dapat diartikan sebagai
beberapa anak sungai yang menuju ke suatu arah yang sama untuk bersama-sama
melahirkan sebuah sungai yang baru.
3.
Bagam pohon
Bagan pohon ialah ibarat sebatang
pohon yang tumbuh dengan cabang-cabang dan ranting-ranting dimana bergantungan
buah-buahan.
4.
Bagan proses
Bagan proses yaitu menggambarkan
tahap-tahap pembuatan sesuatu.
e.
Peta
Peta adalah gambar permukaan bumi
atau sebagaian daripadanya.
2.
Penyalur Pesan Visual Verbal dan
Nonverbal Grafis
a.
Buku dan Modul
Perbedaan antara buku dan modul
No
|
Buku
|
Modul
|
1
|
Untuk
keperluan umum atau tatap muka
|
Dirancang
untuk sistem pembelajaran
|
2
|
Bukan
merupakan bahan belajar yang terprogram
|
Program
pembelajaran yang utuh dan sistematis
|
3
|
Lebih
menekankan sajian materi ajar
|
Mengandung
tujuan, bahan/kegiatan dan sistematis
|
4
|
Cenderung
informative, searah
|
Disajikan
secara komunikatif, 2 arah
|
5
|
Menekankan fungsi penyajian materi atau informasi
|
Dapat
mengganti beberapa peran pengajar
|
6
|
Cakupan
materi lebih luas atau umum
|
Cakupan
bahasan terfokus dan terukur
|
7
|
Pemabaca
cenderung pasif
|
Mementingkan
aktifitas belajar pemakai
|
b.
Komik
Komik juga dapat dijadikan media
pembelajaran. Gambar dalam komik biasanya berbentuk atau berkarakter gambar
kartun. Ia mempunyai sifat yang sederhana dalam penyajiannya dan memiliki
unsure cerita yang membuat pesan yang besar tetapi disajikan secara ringkas dan
mudah.
c.
Majalah dan Jurnal
Majalah dan Jurnal secara umum dapat
dimaknai sebagai media informasi dengan tugas utamanya menyampaikan berita aktual.
d.
Poster
Poster adalah gambar yang besar
yang memberikan tekanan pada satu atau du aide pokok sehingga dapat dimengerti
dengan mudah melihatnya secara pintas.
e.
Papan Visual
Papan Visual yakni papan yang dapat
menyalurkan pesan-pesan visual. Papan visual ini mempunyai banyak ragam yaitu :
1.Papan tulis dan papan magnnetik
2.Papan lembar balik
3.Papan flannel
4.Papan bulletin
5.Papan peragaan
Media visual terdiri atas Benda
asli dan benda tiruan mempunyai kegunaan yang unik. Ada banyak cara dimana
keikutsertaan siswa dapat didorong dengan benda tersebut. Ketika proteksi yang
aman dibutuhkan, pengalaman yang disimulasi akan didapat melalui penggunaan
model yang lebih kecil. Ketika keahlian khusus dibutuhkan untuk pengoperasian
atau penggunaan benda asli, sebuah peragaan menjadi penting. Bentuk benda asli
yang dipilih untuk pengajaran sebaiknya dibedakan berdasarkan tujuan benda
tersebut digunakan. Paling tidak terdapat 3 macam benda asli yakni :
1.
Unmodified real thing (benda asli
yang tidak dimodifikasikan)
2.
Modified real things (benda asli
yang telah dimodifikasikan)
3.
Specimen (sampel)
2.4
Urgensi Media
Visual dalam Proses Pembelajaran
Media pembelajaran visual telah
terbukti lebih efisien dalam melakukan komunikasi antara pendidik dengan
peserta didik. Dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran visual (seperti
gambar diam, gambar bergerak, televise, objek tiga dimensi, dll) mempunyai
hubungan positif yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa
media pembelajaran visual merupakan media pembelajaran yang cukup baik dan
efisien.
Bahwa proses komunikatif mencakup
pengiriman pesan dari system saraf seseorang
kepada system saraf orang lain, dengan maksud untuk menghasilkan sebuah
makna yang serupa dengan yang ada dalam pikiran si pengirim. Pesan verbal
melakukan hal tersebut melalui kata-kata yang merupakan unsur dasar bahasa dan
kata-kata sudah jelas merupakan simbol verbal. Kata hanya mempunyai makna
setelah ia di asosiasikan dengan referen/rujukan.
Fenomena orang berbicara pun ikut
mempengaruhi efektivitas komunikasi. Sangat sedikit orang termasuk guru
berbicara langsung ke tujuan yang ingin dicapai melalui bicaranya. Oleh karena itu untuk menghindari komunikasi
tidak efektiv dalam proses pembelajaran
hendaknya guru disamping mengetahui karakteristik simbol (bahasa)
verbal.
Bukti sejarah menyatakan bahwa
sesungguhnya manusia tahu bahwa mereka dapat menyandikan pengalaman dengan cara
yang lain selain berbicara. Artinya setiap orang sesungguhnya mempunyai potensi
melakukan komunikasi tanpa harus berbicara.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Media Visual
adalah media yang melibatkan indera penglihatan. Secara garis besar unsur-unsur yang terdapat
pada media visual terdiri atas garis, bentuk, warna, dan tekstur.
Prinsip-prinsip
media visual terbagi menjadi tiga yaitu kesederhanaan, penekanan, dan
keterpaduan.
Karakteristik
media Visual terdiri atas pesan Visual yaitu terdiri atas gambar, grafik,
diagram, bagan, dan peta. Dan pesan visual verbal dan non verbal grafis yang
terdiri atas buku, modul, komik, majalah, jurnal, poster, dan papan Visual.
Media
pembelajaran visual telah terbukti lebih efisien dalam melakukan komunikasi
antara pendidik dengan peserta didik. Dapat kita simpulkan bahwa media
pembelajaran visual (seperti gambar diam, gambar bergerak, televise, objek tiga
dimensi, dll) mempunyai hubungan positif yang cukup tinggi. Oleh karena itu,
dapat dikatakan bahwa media pembelajaran visual merupakan media pembelajaran
yang cukup baik dan efisien.
DAFTAR
PUSTAKA
Ahmad Rifa’I dan Nana Sudjana, Media
Pengajaran, Sinar Baru Algesindo, Bandung: 2002.
Munadi Yudi, Media Pembelajaran, Gaung Persada Press,
Jakarta: 2008.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar