Rabu, 04 Juni 2014



Media Visual
Makalah ini Disusun dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Media Pembelajaran
Dosen Pengampu:
Nanang Wahyudi, ST, M.Pd
Disusun Oleh:
Badrul Ula
Fikri
Khodijah
Lailatul Maulidiyah
Raudlatul Jannah
Zulfi Maharani

FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGI AGAMA ISLAM PANCAWAHANA BANGIL
2013-2014


KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur akan selalu tetap tercurahkan limpahan kepada Allah SWT. Yang telah memberikan limpahan kenikmatan yang tidak akan pernah terhitung banyaknya, serta limpahan rahmatnya, taufik dan hidayahnya yang mana telah memberikan kelancaran, sehingga kami dapat merampungkan makalah dengan judul “Media Visual” sebagai tugas mata kuliah Study Media Pembelajaran.
Shalawat serta salam akan tetap tercurahkan limpahan kepada junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW, yang telah membawa syariat islam kepada kita semua dari alam kegelapan menuju alam terang benderang seperti saat ini.sehingga tak lagi terjerumus kelembah kelemahan dunia dan beliau memberikan secercah cahaya untuk menerang serta mengusir kegelapan di dunia ini.
Serta ucapan terima kasih kami untuk dosen pembimbing mata kuliah ini, yang terhormat bapak Nanang Wahyudi, ST. M.Pd yang senantiasa memberikan semangat serta bimbingan kepada kami sangat membantu proses pelaksanaan pembuatan tugas ini sampai akhirnya selesai.
Semoga apa yang kami tulis dalam makalah ini akan sangat bisa memberikan manfa’at kepada kami serta kepada para pembaca Dan kami pun sangat menyadari, bahwa apa yang kami tulis dalam makalah ini masih terdapat banyak kesalahan  serta kekuranganya. Oleh karena itu kami berharap dengan sangat, kritik dan saran pembaca untuk menyempurnakan tulisan ini.

                                                                                                                                                       Penulis,





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ........................................................................................ i
DAFTAR ISI ..................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................ 1
1.1 Latar Belakang .................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah ............................................................................... 1
1.3 Tujuan Penulisan ................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN .................................................................................. 2
2.1 Unsur-unsur Media Visual................................................................... 2
2.2 Prinsip-prinsip Media Visual................................................................ 3
2.3 Karakteristik Media Visual.................................................................. 3
2.4 Urgensi Media Visual terhadap proses pembelajaran.......................... 6
BAB III PENUTUP........................................................................................... 7
Kesimpulan................................................................................................ 7
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 8





PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang
Di Era Globalisasi seperti saat ini Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan untuk menyalurkan pesan, merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik serta mengaktifkan pembelajaran dalam memberi tanggapan dan umpan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik untuk melakukan praktek-praktek dengan benar.
Maka dari itu, dalam makalah ini kami membahas tentang salah satu media pembelajaran yaitu media visual. Media visual merupakan media yang memberikan gambaran menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak. Media visual ini lebih bersifat realistis dan dapat dirasakan oleh sebagian besar panca indera kita khususnya indera penglihatan. Manfaat yang kita dapat dalam penggunaan media ini adalah pemakaiannya yang efektif dan efisien, praktis, dan lebih cepat dipahami oleh peserta didik.
Oleh karena itu, pendidik dapat memanfaatkan media-media secara optimal sehingga menghasilkan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan seperti media visual untuk mempermudah dalam berinteraksi dan pemberian materi yang akan dibahas pada peserta didik.
1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa definisi dan unsur-unsur Media Visual?
2.      Apa prinsip-prinsip Media Visual?
3.      Apa karakteristik-karakteristik Media Visual?
4.      Bagaimana urgensi Media Visual terhadap proses pembelajaran?
1.3  Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui definisi dan unsur-unsur Media Visual
2.      Mengetahui prinsip-prinsip Media Visual
3.      Mengetahui karakteristik Media Visual
4.      Mengetahui bagaimana urgensi Media Visual terhadap Proses pembelajaran

BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Unsur-unsur Media Visual
Media Visual adalah media yang melibatkan indera penglihatan.  Terdapat 2 jenis pesan yang dimuat dalam media visual yaitu pesan verbal dan pesan  nonverbal. Pesan verbal visual terdiri atas kata-kata dalam bentuk tulisan. Sedangkan pesan nonverbal visual dituangkan kedalam simbol-simbol nonverbal visual.
Secara garis besar unsur-unsur yang terdapat pada media visual terdiri atas garis, bentuk, warna, dan tekstur.
a.       Garis
Garis adalah kumpulan kumpulan dari titik-titik. Dengan demikian terdapat banyak jenis garis. Diantaranya :
1.      Garis lurus horizontal                                     
2.      Garis lurus vertikal                                                                                                     
3.      Garis lengkung
4.      Garis lingkaran
5.      Garis zig zag
b.      Bentuk
Bentuk adalah sebuah konsep simbolyang dibangun atas garis-garis atau gabungan garis dengan konsep-konsep lainnya. Seperti : hubungan garis-garis yang tampak pada gambar tersebut tampak menjadi sebuah bentuk yakni apel.
c.       Warna
Warna digunakan untuk member kesan pemisahan atau penekanan, juga untuk membangun keterpaduan bahkan dapat mempertinggi tingkat realism dan meciptakan respon emosional.
d.      Tekstur
Tekstur digunakan untuk menimbulkan kesan kasar dan halus, juga untuk memberikan penekanan seperti halnya warna.

2.2  Prinsip Media Visual
a.          Kesederhanaan
Kesederhanaan secara umum mengacu kepada jumlah elemen yang terkandung dalam suatu visual. Jumlah elemen yang lebih sedikit memudahkan menangkap dan memahami pesan yang disajikan visual itu.
b.         Penekanan
Penekanan meskipun penyajian visual dirancang sesederhana mungkin, seringkali konsep yang ingin disajikan memerlukan penekanan terhadap salah satu unsur yang akan menjadi pusat perhatian siswa.
c.          Keterpaduan
Keterpaduan mengacu kepada hubungan yang terdapat diantara elemen-elemen visual yang ketika diamati akan berfungsi secara bersama-sama. Elemen-elemen itu harus saling terkait dan menyatu sebagai suatu keseluruhan.

2.3  Karakteristik Media Visual
1.      Pesan Visual
a.       Gambar
Gambar secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 jenis :
1.      Sketsa disebut juga gambar garis yakni gambar sederhana atau draft kasar yang melukisakan bagian-bagian pokok suatu objek tanpa detail.
2.      Lukisan merupakan gambar hasil reprentasi simbolis dan artistic seorang tentang suatu objek atau situasi.
3.      Foto yakni gambar hasil pemotretan atau photografi.
b.      Grafik
Grafik adalah gambar sederhana yang banyak sedikitnya merupakan penggambaran data kuantitatif yang akurat dalam bentuk yang menarik dan mudah dimengerti. Macam-macam grafik :
1.      Grafik garis yaitu grafik berupa garis diatas suatu bidang yang dibagi petak-petak 4 persegi yang sama besar.
2.      Grafik batang merupakan gambar batang-batang.
3.      Grafik lingkaran juga berupa lingkaran yang dibagi dari titik tengahnya menjadi beberapa sektor.
4.      Grafik symbol juga berupa gambar-gambar ataus simbol-simbol.
c.       Diagram
Diagram merupakan susunan-susunan garis-garis dan lebih menyerupai peta dari pada gambar.
d.      Bagan
Bagan hampir sama dengan diagram. Bedanya terletak pada lebih menekankan kepada suatu perkembangan atau suatau proses atau suatu susunan organisasi. Secara garis besar bagan terbagi 4 macam :
1.      Bagan organisasi
Bagan organisasi adalah bagan yang menggambarkan struktur sebuah organisasi.
2.      Bagan arus
Bagan arus dapat diartikan sebagai beberapa anak sungai yang menuju ke suatu arah yang sama untuk bersama-sama melahirkan sebuah sungai yang baru.
3.      Bagam pohon
Bagan pohon ialah ibarat sebatang pohon yang tumbuh dengan cabang-cabang dan ranting-ranting dimana bergantungan buah-buahan.
4.      Bagan proses
Bagan proses yaitu menggambarkan tahap-tahap pembuatan sesuatu.
e.       Peta
Peta adalah gambar permukaan bumi atau sebagaian daripadanya.
2.      Penyalur Pesan Visual Verbal dan Nonverbal Grafis
a.       Buku dan Modul
Perbedaan antara buku dan modul

No
Buku
Modul
1
Untuk keperluan umum atau tatap muka
Dirancang untuk sistem pembelajaran
2
Bukan merupakan bahan belajar yang terprogram
Program pembelajaran yang utuh dan sistematis
3
Lebih menekankan sajian materi ajar
Mengandung tujuan, bahan/kegiatan dan sistematis
4
Cenderung informative, searah
Disajikan secara komunikatif, 2 arah
5
Menekankan  fungsi penyajian materi atau informasi
Dapat mengganti beberapa peran pengajar
6
Cakupan materi lebih luas atau umum
Cakupan bahasan terfokus dan terukur
7
Pemabaca cenderung pasif
Mementingkan aktifitas belajar pemakai

b.      Komik
Komik juga dapat dijadikan media pembelajaran. Gambar dalam komik biasanya berbentuk atau berkarakter gambar kartun. Ia mempunyai sifat yang sederhana dalam penyajiannya dan memiliki unsure cerita yang membuat pesan yang besar tetapi disajikan secara ringkas dan mudah.
c.       Majalah dan Jurnal
Majalah dan Jurnal secara umum dapat dimaknai sebagai media informasi dengan tugas utamanya menyampaikan berita aktual.
d.      Poster
Poster adalah gambar yang besar yang memberikan tekanan pada satu atau du aide pokok sehingga dapat dimengerti dengan mudah melihatnya secara pintas.
e.       Papan Visual
Papan Visual yakni papan yang dapat menyalurkan pesan-pesan visual. Papan visual ini mempunyai banyak ragam yaitu :
1.Papan tulis dan papan magnnetik
2.Papan lembar balik
3.Papan flannel
4.Papan bulletin
5.Papan peragaan
Media visual terdiri atas Benda asli dan benda tiruan mempunyai kegunaan yang unik. Ada banyak cara dimana keikutsertaan siswa dapat didorong dengan benda tersebut. Ketika proteksi yang aman dibutuhkan, pengalaman yang disimulasi akan didapat melalui penggunaan model yang lebih kecil. Ketika keahlian khusus dibutuhkan untuk pengoperasian atau penggunaan benda asli, sebuah peragaan menjadi penting. Bentuk benda asli yang dipilih untuk pengajaran sebaiknya dibedakan berdasarkan tujuan benda tersebut digunakan. Paling tidak terdapat 3 macam benda asli yakni :
1.      Unmodified real thing (benda asli yang tidak dimodifikasikan)
2.      Modified real things (benda asli yang telah dimodifikasikan)
3.      Specimen (sampel)

2.4        Urgensi Media Visual dalam Proses Pembelajaran
Media pembelajaran visual telah terbukti lebih efisien dalam melakukan komunikasi antara pendidik dengan peserta didik. Dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran visual (seperti gambar diam, gambar bergerak, televise, objek tiga dimensi, dll) mempunyai hubungan positif yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran visual merupakan media pembelajaran yang cukup baik dan efisien.
Bahwa proses komunikatif mencakup pengiriman pesan dari system saraf seseorang  kepada system saraf orang lain, dengan maksud untuk menghasilkan sebuah makna yang serupa dengan yang ada dalam pikiran si pengirim. Pesan verbal melakukan hal tersebut melalui kata-kata yang merupakan unsur dasar bahasa dan kata-kata sudah jelas merupakan simbol verbal. Kata hanya mempunyai makna setelah ia di asosiasikan dengan referen/rujukan.
Fenomena orang berbicara pun ikut mempengaruhi efektivitas komunikasi. Sangat sedikit orang termasuk guru berbicara langsung ke tujuan yang ingin dicapai melalui bicaranya.  Oleh karena itu untuk menghindari komunikasi tidak efektiv dalam proses pembelajaran  hendaknya guru disamping mengetahui karakteristik simbol (bahasa) verbal.
Bukti sejarah menyatakan bahwa sesungguhnya manusia tahu bahwa mereka dapat menyandikan pengalaman dengan cara yang lain selain berbicara. Artinya setiap orang sesungguhnya mempunyai potensi melakukan komunikasi tanpa harus berbicara.




BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Media Visual adalah media yang melibatkan indera penglihatan.  Secara garis besar unsur-unsur yang terdapat pada media visual terdiri atas garis, bentuk, warna, dan tekstur.
Prinsip-prinsip media visual terbagi menjadi tiga yaitu kesederhanaan, penekanan, dan keterpaduan.
Karakteristik media Visual terdiri atas pesan Visual yaitu terdiri atas gambar, grafik, diagram, bagan, dan peta. Dan pesan visual verbal dan non verbal grafis yang terdiri atas buku, modul, komik, majalah, jurnal, poster, dan papan Visual.
Media pembelajaran visual telah terbukti lebih efisien dalam melakukan komunikasi antara pendidik dengan peserta didik. Dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran visual (seperti gambar diam, gambar bergerak, televise, objek tiga dimensi, dll) mempunyai hubungan positif yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran visual merupakan media pembelajaran yang cukup baik dan efisien.




                                                        DAFTAR PUSTAKA                   
Ahmad Rifa’I dan Nana Sudjana, Media Pengajaran, Sinar Baru Algesindo, Bandung: 2002.
Munadi Yudi, Media Pembelajaran, Gaung Persada Press, Jakarta: 2008.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar